--
28


TV POLYTRON juga kadang mempunyai masalah di sistem memori internalnya ( pada ic program seri STVxxxx).
Gejalanya adalah pada saat di nyalakan ,beberapa detik mau menyala sekitar 10-15 detik.Timbul suara sebentar ,setelahnya protek/standby.
Ini di sebabkan sedikit error pada data memory yg terdapat di dalam IC program.
Untuk mengatasi hal seperti ini , anda cukup melakukan trik yg akan saya berikan berikut ini:
Nyalakan pesawat TV seperti biasanya, dan tunggu posisi tv dalam keadaan protek/standby,gunakan remote orsinilnya ,tekan tombol menu pada remote dan tahan sekitar 3 - 5 detik hingga tv menyala secara otomatis.
Biasanya Tv langsung normal kembali,karena data dalam memory telah di reset ulang secara otomatis ke keadaan PP ( pactory preset ).
Kenapa bisa terjadi begitu? sebab kalau pada posisi TV standby.tombol power memberi sinyal perintah hidupkan ( ON ) pada IC program.Kalau pada posisi standby, tombol menu yg ditekan terus dalam sekian detik akan memberikan input RESET data memory ( flash).Dan jika kondisi memory normal,maka dalam hitungan ‘timing’ tertentu perintah tersebut akan di artikan sebagai sinyal masuk ke posisi MENU SERVICE.Dan sistem secara otomatis akan meminta passcode untuk masuk kedalam sub menu service.
Kode passcode nya adalah 1013 untuk setelan dasar ( fitur) dan 1014 untuk mengatur parameter -parameter utama ( H-frek, V-amp, AGC, AFC dll)
Dan jika anda mendapat problem seperti yg saya utarakan di atas,cara tersebut adalah yg paling mudah untuk mengatasinya.Tapi sebelumnya pastikan dahulu bahwa semua titik solder dalam mesin TV tidak bermasalah, ada baiknya anda teliti dulu semua titik solder sebelumnya.
Karena apa? sebab sistem proteksi juga akan membaca keadaan rangkaian sebelum tegangan-tegangan normalnya akan diaktifkan.jika ada masalah di titik solder ( biasanya terdapat pada titik kaki IC vertikal ,kaki FBT, regulator) sistem akan tertahan ke posisi protek.

28 Response to CARA SERVICE TV POLYTRON PROTEK

14 September 2010 pukul 06.44

kang ni aku mau nanya aku punya tv polytron 21'' nicam stereo kerusakanya kalu di nyalain hidup sbentar trus mati,tp di waktu hidup ada bintik2 tidak jelas agak hitam!,trus untuk c 50v10mf dekat regulator tp tetep aja gk bisa nyala,hanya nyala sbntr trus stenbay,tlng di bantu memecahkan masalah ini kang!trimakasih

14 September 2010 pukul 20.37

Coba diopen kaki colector tr yg buat swith teg B+ posisinya agak jauh dari ic octocoupler. klo masih bingung posisinya di urut aja jalur salah satu kaki tr terhubung dengan ic octocpler. Tr tersebut fungsinya buat menurunkan tegangan B+. ber dasarkan pengalaman Tr di cabut langsung nyala ga ada masalah. efek samping nya reg slalu anget.masalahnya pas dimatikan secara standby teg tetap 115 V.oh ya posisi tr dekat dengan reg 5 volt yg buat supply micom. smoga bisa membantu. ma kasih atas kunjungannya.

19 September 2010 pukul 23.47

maaf kang tjarto sekali lagi untuk seri TR yg di maksut berapa?? biar lebih gampang mencarinya trimaksih

20 September 2010 pukul 06.06

klo ga salah T 505 kaki basis ke sistem protek, kaki emitor ke ground, kaki kolektor yang ke dioda di open aja. T505 fungsinya mengenolkan teg pada ic yg ke octocoupler. bila teg nol maka power suplly akan ke mode stanby. bila kaki T 505 diopen maka teg b+ akan keluar. walau tv pada mode stanby.

20 September 2010 pukul 09.37

trimakasih untuk infonya akan cb saya praktekan nanti kl ada yg krng jelas tlng di bantu ya kang tjarto!!!

21 September 2010 pukul 06.41

Dengan senang hati......

25 September 2010 pukul 11.35

maaf kang ni aku mau nanya lagi,saya punya tv sony 14'' mesinya udah mati trus mau saya gnti dengan mesin merk cina yg sejenis BE,yg saya tanyakan cara pemasangan pin pada CRT itu saya krng paham kang tlng di jelaskan untuk pin pd CRT sony td kang urut2anya mungkin ada tmbahan componen/gmn kang?,soalnya saya lihat CRT SONY lain dengan CRT lain sprti samsung,tisiba itu yg saya tanyakan trimakasih

30 September 2010 pukul 03.37

pertama untuk soket pakai yg aslinya untuk G1,R,G,B,sama pemasangannya perbedaanya pada voltase fokus yg 1000 vlt. untuk pengambilan teg 1000 V kita ambil dari teg kaki kolektor horisontal kita kasih R sama dioda ditambah condensator teg tinggi ( sama seperti yg di mesin sony )berdasarkan pengalaman hasilnya cukup bagus, paling kita perlu menyesuaikan lebar horisontal.
smoga dimengerti.....

26 Juli 2011 pukul 21.02

tanya dong kang Tjarto, aku ada tv sharp 14" mati total,type 51u500
dimana B+ nya tidak keluar... pwr slpy nya pake str f6653 tpi sdh saya ganti namun tdk ada reaksi....mohon bantuanya dong,cek di apanya lagi ya??

31 Agustus 2012 pukul 02.19

askum,tv polytron gambar gelap, apanya za?

11 Mei 2013 pukul 23.50

Siang mas Tjarto. Sy mukhlis. Mw numpang tanya. Sy ada tv polytron Flat 14". Rusakny Volume baru 1, suara uda gede Bnget. Sy uda msuk line servicenya tp tetep gak nemu Solusinya. Mhon pencerahanny... trims

24 Juni 2015 pukul 10.50

lam kenal masTjarto mau nanya mas saya punya servisan tv polytron model 123 kalau di cabut ic riset nya tv langsung bisa star tapi kalu di pasang ic riset nya tv protek alias stanbay ic riset nya mengunakan KIA 7045 AP mohon bantuan nya

Anonim
25 Oktober 2016 pukul 10.47

aslamualaikum mas saya mau nanyani permasalahannya tivi saya politron 14 inc
cuman klaw baru dinyalain berapa detik mati stanbay trus lampu stanbaynya kedip kedip gitu apa solusinya mas mohon bantuannya???

23 Januari 2017 pukul 22.57

aku pxa polytron 30 in 5detik hidup trus mati kira2 apakx bang

13 Juni 2017 pukul 14.28

Mantab gan, ilmunya sangat bermanfaat, tv ane jadi normal kembali
Terima kasih...... ����������

27 Agustus 2017 pukul 06.47

Mas tjarto saya swandy mau nanya, TV polytron ultra slim 21in.masalahnya t704=a102 kl kaki basis d cabut lampu stby hidup TV lsg hdp, layar Kiri kanan tdk penuh dan berwarna Putih sj. Kl d psg basis, TV gk mau on. 5vol drop. Apa solusinya mas.tolong d bantu ya.

28 Desember 2017 pukul 06.31

Aslmkum..mas tolong d jawab klu gk d jawab brarti gk pinter..wkwk.sy ini punya tv sharp model 21R2.gejala di on nyala stelah 1-2 detik kmbli stanby dn sush d on lg.kira2 apa y..?
Sy sudh tnya smua bhkan ratusan yg punya blog gk ada yg bs jawab/blsan.terima kasih

9 Maret 2018 pukul 00.20

Mohon bantuannya saya punya tv politron keadaan gak bisa nyala cuma lampu kontrol aja yang hidup mohon solusinya

2 April 2018 pukul 19.03

Ass wrwb...kang tjarto sy mau nanya kl dvd polytron excel hifi tidak bisa membuka...tampilan displaynya pa protect...knp yah....mohon penjelasannya...terima kasih..

1 Oktober 2018 pukul 09.35

Sama

10 Oktober 2018 pukul 07.41

Mas, saya ada Polytron Minimax yg protect, kode 1013, 1014 udah saya coba, setelah itu saya tekan tombol Menu, terus ada tulisan "Stored".
Nah kan masih protect tuh, kalau mau nyalain TV mesti saya harus tahan tombol menu, dan nanti ada nomor channel TV tsb, kaya gini 11 - - - - (kokterusterusanmasukinkodesih) di pojok kiri atas layar. Jadi karena itu, saya ga bisa ganti channel lain, tombol volume juga gak bisa, ada solusinya gak?
Terima Kasih

20 Januari 2019 pukul 06.57

Mas tarjonya ngehilang

28 Januari 2019 pukul 19.41

postingan yang menarik min solder uap

3 Oktober 2019 pukul 01.23

Mas saya punya tv politron sudah saya ganti elko 50v 10uf tapi tetap protek

27 Juni 2020 pukul 04.27

Assalamu'alaikum, langkah diatas sudah di lakukan tetapi begitu power dinormalkan lagi service modenya ditutup tapi proyek lagi. Terima kasih

5 Juli 2020 pukul 09.51

Ass..kang masalah tv sya sama persis dengan penjelasan d atas..tapi remot aslinya ga ada..ada solusi yg ga pake remot g..

10 April 2023 pukul 19.35

Kasus sama

25 Januari 2024 pukul 10.42

Kasus sama tolong solusinya

Posting Komentar