--
11


TV POLYTRON juga kadang mempunyai masalah di sistem memori internalnya ( pada ic program seri STVxxxx).
Gejalanya adalah pada saat di nyalakan ,beberapa detik mau menyala sekitar 10-15 detik.Timbul suara sebentar ,setelahnya protek/standby.
Ini di sebabkan sedikit error pada data memory yg terdapat di dalam IC program.
Untuk mengatasi hal seperti ini , anda cukup melakukan trik yg akan saya berikan berikut ini:
Nyalakan pesawat TV seperti biasanya, dan tunggu posisi tv dalam keadaan protek/standby,gunakan remote orsinilnya ,tekan tombol menu pada remote dan tahan sekitar 3 - 5 detik hingga tv menyala secara otomatis.
Biasanya Tv langsung normal kembali,karena data dalam memory telah di reset ulang secara otomatis ke keadaan PP ( pactory preset ).
Kenapa bisa terjadi begitu? sebab kalau pada posisi TV standby.tombol power memberi sinyal perintah hidupkan ( ON ) pada IC program.Kalau pada posisi standby, tombol menu yg ditekan terus dalam sekian detik akan memberikan input RESET data memory ( flash).Dan jika kondisi memory normal,maka dalam hitungan ‘timing’ tertentu perintah tersebut akan di artikan sebagai sinyal masuk ke posisi MENU SERVICE.Dan sistem secara otomatis akan meminta passcode untuk masuk kedalam sub menu service.
Kode passcode nya adalah 1013 untuk setelan dasar ( fitur) dan 1014 untuk mengatur parameter -parameter utama ( H-frek, V-amp, AGC, AFC dll)
Dan jika anda mendapat problem seperti yg saya utarakan di atas,cara tersebut adalah yg paling mudah untuk mengatasinya.Tapi sebelumnya pastikan dahulu bahwa semua titik solder dalam mesin TV tidak bermasalah, ada baiknya anda teliti dulu semua titik solder sebelumnya.
Karena apa? sebab sistem proteksi juga akan membaca keadaan rangkaian sebelum tegangan-tegangan normalnya akan diaktifkan.jika ada masalah di titik solder ( biasanya terdapat pada titik kaki IC vertikal ,kaki FBT, regulator) sistem akan tertahan ke posisi protek.

11 Response to CARA SERVICE TV POLYTRON PROTEK

14 September 2010 06.44

kang ni aku mau nanya aku punya tv polytron 21'' nicam stereo kerusakanya kalu di nyalain hidup sbentar trus mati,tp di waktu hidup ada bintik2 tidak jelas agak hitam!,trus untuk c 50v10mf dekat regulator tp tetep aja gk bisa nyala,hanya nyala sbntr trus stenbay,tlng di bantu memecahkan masalah ini kang!trimakasih

14 September 2010 20.37

Coba diopen kaki colector tr yg buat swith teg B+ posisinya agak jauh dari ic octocoupler. klo masih bingung posisinya di urut aja jalur salah satu kaki tr terhubung dengan ic octocpler. Tr tersebut fungsinya buat menurunkan tegangan B+. ber dasarkan pengalaman Tr di cabut langsung nyala ga ada masalah. efek samping nya reg slalu anget.masalahnya pas dimatikan secara standby teg tetap 115 V.oh ya posisi tr dekat dengan reg 5 volt yg buat supply micom. smoga bisa membantu. ma kasih atas kunjungannya.

19 September 2010 23.47

maaf kang tjarto sekali lagi untuk seri TR yg di maksut berapa?? biar lebih gampang mencarinya trimaksih

20 September 2010 06.06

klo ga salah T 505 kaki basis ke sistem protek, kaki emitor ke ground, kaki kolektor yang ke dioda di open aja. T505 fungsinya mengenolkan teg pada ic yg ke octocoupler. bila teg nol maka power suplly akan ke mode stanby. bila kaki T 505 diopen maka teg b+ akan keluar. walau tv pada mode stanby.

20 September 2010 09.37

trimakasih untuk infonya akan cb saya praktekan nanti kl ada yg krng jelas tlng di bantu ya kang tjarto!!!

21 September 2010 06.41

Dengan senang hati......

25 September 2010 11.35

maaf kang ni aku mau nanya lagi,saya punya tv sony 14'' mesinya udah mati trus mau saya gnti dengan mesin merk cina yg sejenis BE,yg saya tanyakan cara pemasangan pin pada CRT itu saya krng paham kang tlng di jelaskan untuk pin pd CRT sony td kang urut2anya mungkin ada tmbahan componen/gmn kang?,soalnya saya lihat CRT SONY lain dengan CRT lain sprti samsung,tisiba itu yg saya tanyakan trimakasih

30 September 2010 03.37

pertama untuk soket pakai yg aslinya untuk G1,R,G,B,sama pemasangannya perbedaanya pada voltase fokus yg 1000 vlt. untuk pengambilan teg 1000 V kita ambil dari teg kaki kolektor horisontal kita kasih R sama dioda ditambah condensator teg tinggi ( sama seperti yg di mesin sony )berdasarkan pengalaman hasilnya cukup bagus, paling kita perlu menyesuaikan lebar horisontal.
smoga dimengerti.....

26 Juli 2011 21.02

tanya dong kang Tjarto, aku ada tv sharp 14" mati total,type 51u500
dimana B+ nya tidak keluar... pwr slpy nya pake str f6653 tpi sdh saya ganti namun tdk ada reaksi....mohon bantuanya dong,cek di apanya lagi ya??

31 Agustus 2012 02.19

askum,tv polytron gambar gelap, apanya za?

11 Mei 2013 23.50

Siang mas Tjarto. Sy mukhlis. Mw numpang tanya. Sy ada tv polytron Flat 14". Rusakny Volume baru 1, suara uda gede Bnget. Sy uda msuk line servicenya tp tetep gak nemu Solusinya. Mhon pencerahanny... trims

Poskan Komentar